Dalam dunia persepatuan di Indonesia, nama Jangkar Bawono boleh jadi sudah tak asing lagi. Ya, pria kelahiran Ponorogo, 29 tahun silam ini merupakan pendiri ‘Portblue Shoes’, brand sepatu kulit handmade khusus untuk pria. Tak banyak yang tahu bahwa lima tahun silam, Jangkar hanyalah seorang mahasiswa penyuka sepatu boot yang kerap kali mengenakannya saat kuliah.
Bila akhirnya ia menceburkan diri ke bisnis sepatu, itu karena bermula dari sentra sepatu pengrajin kulit yang berlokasi tak jauh dari rumahnya di Rungkut, Surabaya. Berbekal rasa penasaran, Jangkar melihat ada peluang bahwa para pengrajin tersebut bisa diajak bersinergi dalam bisnis untuk sama-sama mendapat keuntungan.
Jangkar pun bergerak cepat untuk menciptakan brand sepatu Portblue Shoes yang di awal penjualan direspon baik oleh teman-teman kuliahnya. Dengan modal awal sebesar 5 juta rupiah, Jangkar mengembangkan bisnis tersebut. Saat ini, Portblue Shoes bisa menghasilkan omzet ratusan juta rupiah. Dan dalam sebulan, Portblue Shoes mampu menampung kapasitas produksi hingga mencapai 800 pasang, lho!
Wah, keren banget, ya!
Jangkar sewaktu menjadi pembicara di acara roadshow Indonesia Footwear Creative Competition (IFCC) di Marvell City, Surabaya.
Nah, buat kamu yang punya passion di bidang sepatu dan berencana menjalan bisnis di bidang tersebut, berikut ini sejumlah tips berbisnis dari Jangkar yang bisa kamu coba...
- Mulai dari sesuatu yang disuka
Awali bisnis kamu dari sesuatu yang kamu suka. Misalnya, kamu penyuka sepatu sneakers, geluti jenis sepatu tersebut, bukan yang lain. “Sebab, bila kamu memulai bisnis dari sesuatu yang disuka, kamu akan mengetahui benar keunggulan dan kekurangan produk yang hendak kamu jual,” tegas Jangkar.
- Lakukan riset pasar
Di era yang sudah serba canggih ini, kamu bisa melakukan riset pasar melalui berbagai cara. Jangkar sendiri melakukan riset pasar secara otodidak dengan cara banyak membaca di berbagai forum bisnis dan marketplace. “Harga dan spesifikasi produk adalah dua hal krusial yang tak boleh luput dari proses riset,” cetus Jangkar.
- Buat Konten yang menarik
Di era digital seperti saat ini, Jangkar menyarankan, kamu harus memanfaatkan platform digital untuk memperomosikan produkmu. Gunakan media sosial seperti facebook dan Instagram secara optimal. Unggah foto yang proper dan jelas, karena di era saat ini hal visual sangat penting. Sertakan pula caption menarik yang tidak sekadar hard selling, tapi berbentuk story telling yang baik. “Bila perlu, libatkan pula public figure untuk memperkuat brand image milikmu. Yang terpenting, lakukan step ini secara konsisten,” ujarnya.
- Optimalkan Digital Marketing
Setelah membuat konten yang menarik di media sosial kamu, promosikan produk yang kamu jual itu melalui beberapa digital Ads seperti Google Ads, Facebook Ads, maupun Instagram Ads. Sebab, menurut Jangkar, percuma saja bila kamu memiliki produk dan konten yang bagus tetapi tidak dipromosikan. “Dengan mengoptimalkan penggunaan Digital Ads, produkmu berpotensi lebih besar bakal terjual dan dikenal masyarakat luas,” pesan Jangkar.
- Optimistis dan Pantang Menyerah
Jangkar menekankan pentingnya sikap optimistis dan pantang menyerah dalam menjalankan bisnis sepatu. Saat awal memulai bisnis Portblue Shoes dulu, Jangkar mengaku pernah rugi dan ditipu kanan-kiri. Tetapi, hal itu tak lantas menyurutkan semangat maupun langkahnya meneruskan produksi Portblue. Ia percaya, dalam bisnis apapun, pasti ada kompetitor. Justru kompetisi itulah yang membuat dunia bisnis semakin seru. "Jangan pernah khawatir bila produkmu tidak laku. Pasti ada kok orang-orang di luar sana yang menyukai produk yang kamu jual,” pungkasnya.
*********
Teks: Rizka Chika
Foto: Dokumen Shoesmart