Mencari sandal yang nyaman, trendy, dan stylish telah menjadi keharusan bagi sebagian kalangan, terutama para pencinta sandal yang lebih senang memakai sandal sebagai pelengkap penampilan sehari-hari. Sandal sendiri adalah alas kaki dengan desain yang terbuka dan lebih santai, dianggap lebih praktis untuk dipakai dalam kegiatan sehari-hari.

Salah satu pelopor sandal modern di Indonesia adalah PT Daimatu yang sudah berdiri sejak 1970 silam. Namun ketika Krisis Moneter melanda Indonesia di medio 1997, PT Daimatu berusaha bermain di pasar ekspor untuk mempertahankan bisnis yang telah berjalan selama puluhan tahun. 

Setelah cukup lama malang melintang bermain di pasar ekspor, secercah harapan di pasar lokal membuat PT Daimatu mengambil keputusan untuk membuat lini brand sandal baru yang dinamai Cortiça.

 

****

Nama Cortiça sendiri memiliki arti ‘Cork’, yang diambil dari bahasa Portugis. Cork ini sendiri adalah material ramah lingkungan yang aman bagi kulit dan menjadi bahan utama setiap koleksi sandal Cortiça.

Diluncurkan di tahun 2012, Cortiça meluncurkan sandal pertamanya dengan konsep “Color your life” yang mana merupakan sandal footbed dengan beragam variasi warna. Seiring berjalannya waktu, koleksi sandal Cortiça pun semakin beragam menyesuaikan tren fashion terkini dan kebutuhan konsumen.

Dalam setahun, Cortiça mengeluarkan 32 koleksi sandal berbeda untuk pria, wanita, dan anak-anak. Menggunakan Cork, PVC Leather, dan EVA footbed sebagai material utama, Cortiça ingin memberikan kenyamanan yang maksimal bagi penggunanya tanpa membuat penampilan terlihat kuno.

Proses produksi Cortiça pun terbagi menjadi lima tahap penting, yaitu cutting untuk pemotongan bahan baku, printing untuk cetak logo brand ke sandal yang akan diproduksi, sewing untuk proses jahit sandal, assembling untuk proses perakitan bagian sandal, dan terakhir proses quality control untuk memastikan produk telah lolos uji kelayakan pakai untuk sampai di tangan pelanggan.

Di setiap proses produksi inilah Cortiça ingin memastikan bahwa setiap sandal yang dipakai dapat menjadi rumah yang nyaman bagi setiap kaki penggunanya. Hal ini senada dengan dengan konsep brand yang diusung, yakni “Home to your feet”.

Koleksi Halki menjadi koleksi sandal Cortiça untuk wanita yang paling banyak dicari karena desainnya yang casual, simpel, serta menarik untuk pelengkap penampilan. Menggunakan kombinasi sembilan warna yang dapat dipadu padankan dengan style apapun, membuat sandal ini sangat praktis dan nyaman.

Ada pula koleksi Valdes untuk pria yang menjadi koleksi yang terlaris karena desain yang elegan, simpel, dan perpaduan warna pada upper sandal yang sangat cocok dengan beragam style baju untuk penampilan casual.

 

****

Sebagai salah satu pemain lama yang sudah lama melayani pasar ekspor, tentu saja Daimatu menaruh harapan besar agar Cortiça dapat bersaing di pasar internasional ke depannya, mengingat desain sandal yang cukup sesuai dengan minat pasar luar negeri dan penggunaan bahan yang nyaman, aman, dan ramah lingkungan.

Namun dalam upaya memperluas jangkauan pasar domestik, terutama di tengah masa pandemi seperti ini, Cortiça masih gencar melakukan pemasaran di ranah online agar dapat menjangkau masyarakat lebih luas dari seluruh Indonesia. Apalagi dengan meningkatnya tren belanja online semenjak pandemi tahun lalu.

Meski penjualan sempat menurun hingga empat puluh persen di awal pandemi, Cortiça tetap berupaya keras untuk terus melayani pelanggan di ranah online salah satunya dengan bergabung di Shoesmart, salah satu e-commerce yang fokus pada produk alas kaki dan pionir di Indonesia.

Bagi Cortiça sendiri, kehadiran e-commerce seperti Shoesmart sangatlah mendukung perkembangan dan pertumbuhan industri alas kaki dalam negeri sebagai wadah untuk menonjolkan berbagai brand lokal yang berkualitas dengan persaingan yang sehat. Ini dapat menjadi motivasi menjadi Cortiça untuk terus berupaya bersaing secara sehat dan meningkatkan kualitas produknya.

Ia pun yakin bahwa lambat laun Indonesia mampu menjadi produsen alas kaki terbaik di dunia, mengingat sudah mulai banyaknya brand alas kaki lokal yang mengedepankan kualitas dan model yang trendi dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat.