Sandal adalah fashion items pada bagian alas kaki yang tidak lekang oleh zaman. Sejak bisa berjalan, tentunya kita akan membutuhkan alas kaki seperti sandal untuk melindungi kaki kita dari benda tajam.

Sandal pun memiliki banyak jenis. Salah satunya adalah sandal jepit yang digemari oleh banyak orang dari berbagai kalangan, baik pria, wanita, dan anak-anak. Tidak heran jika sandal jepit memiliki konsumen loyal sepanjang masa dan ada kecenderungan jika satu orang memiliki lebih dari satu sandal jepit.

Hal ini pula yang ditangkap oleh brand Zuma untuk bermain di bisnis sandal jepit, meski brand sandal jepit lain yang beredar sudah cukup banyak di pasaran. Zuma sendiri didirikan di Surabaya di tahun 2016 silam dan dengan cepat mendapat tempat di hati para pencinta sandal jepit.


 

****

Pertama kali diluncurkan, Zuma memilih untuk merilis sandal jepit series classic yang lebih memiliki kesan modern, minimalis, dan tidak lekang oleh zaman dengan warna-warna netral dan menjadi favorit banyak orang.

Untuk menarik minat pelanggan, Zuma pun tidak ragu untuk melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak seperti influencer media sosial ternama atau Disney yang menjadi salah satu produk unggulannya. Seri Baby Disney menjadi produk unggulan karena menggunakan hiasan tokoh kartun Disney yang populer seperti Mickey Mouse, Minnie Mouse, dll. di bagian upper sandals-nya.

Zuma sendiri menggunakan bahan EVA rubber untuk menjamin kenyamanan dalam setiap pijakan para pengguna sandalnya, juga bahan outsole yang anti slip menguntungkan pengguna agar tidak mudah tergelincir di jalanan yang licin.

Tak hanya itu saja. Zuma sendiri menjamin bahwa setiap produknya memang diproduksi secara teliti dan menggunakan sistem yang modern. Selain itu, sebelum didistribusikan, telah dipastikan lolos quality control (QC). 

Setiap tahunnya Zuma mengeluarkan seri terbaru sebanyak empat kali dengan warna-warna netral dan favorit seperti hitam, putih, pink, cokelat, abu-abu, dan lainnya. Jenisnya pun bervariasi, mulai dari wedges, sandal strappy, hingga sandal slip on. 

Meski tergolong pemain baru di industri sandal jepit, Zuma tetap gencar melakukan pemasaran dengan membuka berbagai peluang pemasaran offline dan online. Pemasaran online yang dilakukan Zuma salah satunya adalah dengan bergabung di Shoesmart, e-commerce lokal khusus sepatu yang mewadahi berbagai jenis alas kaki untuk wanita, pria, dan anak-anak yang telah dirasakannya dapat meningkatkan penjualan dan optimasi traffic untuk meningkatkan brand awareness.

Pandemi COVID-19 pun berdampak pada laju penjualan Zuma. Meski demikian, Zuma tidak ingin serta merta menyerah dan memilih untuk diversifikasi cara pemasaran agar produk dapat didistribusikan secara luas. Terbukti, hingga saat ini, Zuma masih dapat bertahan dengan kombinasi marketing offline dan online dan terus memperluas bisnisnya.