Shoesmart adalah e-commerce sepatu online untuk wanita, pria, dan anak-anak yang didirikan oleh Andrew Tanuwijaya pada 2016. Shoesmart hadir sebagai solusi atas tantangan dunia teknologi yang semakin maju, termasuk dalam hal berbelanja secara online.

Shoesmart juga mengembangkan platform digital dalam bentuk Apps

Sebagai platform online yang mempertemukan antara pebisnis sepatu lokal dan para pembelinya, Shoesmart menyediakan berbagai macam produk sepatu terkini berkualitas dengan harga terjangkau buatan berbagai brand lokal terbaik di Indonesia.

Founder Shoesmart telah berpengalaman di bidang sepatu sejak tahun 1985

Shoesmart sendiri bermula dari family business yang didirikan oleh Bapak Antonio Tanuwijaya pada tahun 1985 di kota Surabaya. Di saat itulah ia mendirikan pabrik sepatu home industry di kota Surabaya. Ratusan pegawai bekerja untuk memproduksi ribuan pasang alas kaki yang didistribusikan di berbagai toko offline maupun department store ternama di seluruh Indonesia.

Tiga dekade berlalu, Bapak Antonio kemudian menyerahkan tongkat estafet bisnisnya itu kepada Andrew Daniel Tanuwijaya, putra bungsunya. Andrew pun segera bergerak cepat membawa bisnis kebanggaan sang Ayah itu ke ranah digital.

Andrew Tanuwijaya mendirikan Shoesmart untuk membantu para brand partner sepatu lokal agar lebih berkembang dan dikenal oleh masyarakat

 

Pada 2016, Andrew mendirikan Shoesmart sebagai e-commerce sepatu: pusat belanja aneka macam sepatu secara online yang menaungi beragam merek sepatu lokal. Melalui Shoesmart, Andrew menghadirkan konsep baru, praktis, dan mudah bagi masyarakat dalam berbelanja sepatu.

Hingga saat ini, berbagai brand sepatu lokal telah bergabung di Shoesmart, sebut saja Aerostreet, Swallow, Mario Minardi, Trekkers, Cortica, dan lainnya. Modelnya pun bermacam-macam menyesuaikan tren perkembangan fesyen terkini. Dalam menjalankan bisnis ini, Andrew terus memegang teguh komitmen sang ayah untuk mensejahterakan para pengrajin sepatu lokal dan UMKM alas kaki di Indonesia.

Memberdayakan UMKM dan pengrajin sepatu lokal menjadi komitmen Shoesmart

 

Andrew percaya, berpihak pada UMKM akan menjadikan roda perekonomian bangsa terus berputar. Vendor-vendor di Indonesia tidak miskin proyek, brand sepatu lokal selalu banjir order, pabrik bahan bisa terus memproduksi, dan masyarakat pun mendapat lapangan pekerjaan yang layak. Ditambah lagi, dalam beberapa tahun terakhir ini minat generasi milenial akan sepatu brand lokal cukup meningkat tajam.

Dengan pengalaman sang founder di bidang persepatuan selama puluhan tahun, kredibilitas Shoesmart dalam menangani industri sepatu sudah tak perlu diragukan lagi. Inilah yang membedakan Shoesmart dengan e-commerce lainnya. Shoesmart hanya berfokus pada sepatu, bukan produk fashion lainnya.

“Inginnya, Shoesmart bisa terus maju menggandeng brand-brand lokal dan menjadi marketplace sepatu terbesar di Indonesia,” harap Andrew, optimistis.

******

 

Teks: Rizka Chika
Foto: Dokumentasi Shoesmart