Beberapa waktu terakhir, gaung kampanye #BanggaBuatanIndonesia tengah gencar-gencarnya dilakukan oleh pemerintah untuk menaikkan kesadaran masyarakat untuk lebih memprioritaskan dalam penggunaan produk dalam negeri. Salah satunya barang fesyen sehari-hari seperti sneakers yang saat ini tengah menjadi tren di kalangan anak muda Indonesia.
Salah satu produsen lokal penghasil sneakers adalah PT. Widaya Inti Plasma (PT. WIP) yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur sepatu. Perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 1994 dengan produksi pertamanya yaitu sport sneakers bagi wanita.
Seiring berjalannya waktu, PT. WIP mulai melahirkan brand sendiri pada tahun 2009 yaitu Trekkers. Brand Trekkers sendiri hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan kebutuhan alas kaki yang nyaman, stylish, modis, namun dengan harga yang terjangkau.
Nama ‘Trekkers’ sendiri diambil dari kata dalam bahasa Inggris, yang berarti penjelajah. Lebih lanjut, semua produk Trekkers diharapkan bisa menemani langkah kaki para penggunanya menjelajahi berbagai sudut wilayah di dunia. Layaknya kata pepatah bijak: ‘good shoes take you to good places’; bahwa sepatu yang baik akan membawa seseorang melangkah ke tempat yang baik pula.
****
Sebelum Trekkers berdiri, PT. WIP memasarkan produknya secara offline melalui toko konvensional yang tersebar di puluhan kota di Indonesia. Seiring berjalannya waktu, terhitung sejak brand Trekkers lahir, PT. WIP mulai merambah pasar online salah satunya di Shoesmart, e-commerce khusus sepatu asli Indonesia yang sangat mendukung kemajuan merek sepatu lokal.
Untuk memenuhi permintaan pasar yang terus bertambah serta mengikuti tren fesyen yang terus berkembang, Trekkers setiap tahunnya terus aktif merilis kurang lebih 190 hingga 200 model sepatu.
Pemilihan material yang berkualitas membuat sneakers Trekkers terasa ringan saat digunakan sehingga nyaman dipakai beraktivitas sehari-hari. Variannya pun lengkap untuk pria dan wanita di segala usia, mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Dapat dikatakan sneakers keluaran Trekkers dapat mengakomodir kebutuhan dari berbagai usia.
Koleksi andalan Trekkers sendiri adalah Powerlite yang merupakan slip-on sneakers berbahan rajut dan Dunne yang merupakan sneakers dari kulit imitasi premium untuk pria dewasa.
Ada pula Lexico dan Forte untuk wanita dewasa dengan ciri khas material mesh di bagian outsole yang berbentuk jaring untuk ventilasi sneakers, yang memudahkan pergerakan sirkulasi udara bagi kaki ketika memakai sneakers sehingga tidak menimbulkan kaki bau setelah pemakaian sneakers.
Lexico dengan aksen rajut di bagian upsole sepatu yang menjadi ciri khas Trekkers (Doc: Trekkers)
Untuk anak-anak, Trekkers punya koleksi Venom yang menjadi koleksi andalan dengan ciri khas lampu yang menarik, velcro strap yang membuat langkah anak-anak lebih aman dalam beraktivitas, serta bahan sintetis premium yang nyaman di kulit.
Selain desain koleksi sepatu yang simpel dengan warna-warna yang mudah dipadu padankan dengan outfit harian untuk tampil casual, Trekkers pun menjamin setiap barang yang tiba di tangan pelanggan telah lolos quality control ketat. Tidak heran jika koleksi Trekkers selalu dinanti oleh Teman Trekkers, sebutan untuk para penggemar Trekkers.
****
Memasuki masa krisis akibat pandemi seperti saat ini, Trekkers tidak tinggal diam dengan terus berinovasi menciptakan model-model baru sesuai tren dan kebutuhan masyarakat. Apalagi sneakers adalah sepatu yang termasuk dalam fashion items yang tidak lekang oleh zaman dan selalu memiliki penggemar setia karena kenyamanannya untuk digunakan dalam beraktivitas sehari-hari.
Dengan tetap mengoptimalkan kinerja dari semua divisi, terutama di bagian Research & Development (R&D). Trekkers juga memperhatikan betul segenap proses pembuatan sepatu mulai dari cutting, sablon, inject, quality control, hingga packing; tentunya dengan melibatkan SDM profesional yang telah berpengalaman selama bertahun-tahun.
Hingga kini, Trekkers terus mengutamakan efisiensi dalam manajemen bisnis serta produksi. Termasuk terus aktif mengoptimalkan brand awareness maupun sales secara online, seperti di Shoesmart yang memang hadir untuk memudahkan para penggemar sepatu dalam memenuhi alas kaki yang sesuai kebutuhan.
Bagi Trekkers sendiri, memasarkan sepatu di platform e-commerce khusus sepatu seperti Shoesmart sangat membantu dalam memudahkan pemasaran dan meningkatkan brand awareness.
Disamping itu, Shoesmart yang mewadahi berbagai brand sepatu lokal juga mampu menumbuhkan persaingan sehat antar pengusaha sepatu agar senantiasa dapat menghadirkan sepatu-sepatu yang berkualitas dan dapat bersaing, baik di pasar domestik maupun pasar internasional nantinya.
Trekkers yakin masa depan sneakers pun masih panjang dan akan tetap memiliki tempat di hati para sneakerhead, sebutan untuk para pencinta sneakers.